Artikel Terbaru
Home » Berita » Ciptakan Karya Melalui Pelatihan Las
Ciptakan Karya Melalui Pelatihan Las

Ciptakan Karya Melalui Pelatihan Las

clekatakan.desa.id – Semangat pemuda Desa Clekatakan yang tergabung dalam Karang Taruna desa, dalam visi mewujudkan pemuda desa yang mandiri, terus berkembang. Berbagai inovasi Usaha Masyarakat Kecil Menengah (UMKM) pun terus dilakukan demi mewujudkan visi dan misi pemuda desa.
Mendapatkan informasi dari Dinas Sosial dan Tenaga Kerja Kabupaten Pemalang, yang disampaikan oleh Kepala Desa Clekatakan tentang adanya pelatihan keterampilan las, disambut dengan sangat antusias oleh pemuda desa, dengan mengirimkan 10 Pemuda untuk mengikuti pelatihan tersebut.
Pelatihan yang difasilitasi langsung oleh dinas sosial kabupaten, diadakan selama 10hari di balai desa Clekatakan, bekerjasama dengan LPK yang diutus langsung dari kabupaten, dan didampingi juga oleh TKSK Kecamatan Pulosari, diikuti dengan sangat baik oleh pemuda desa.
pelatihan lasPelatihan keterampilan las tersebut meliputi; pengenalan alat, standarisasi keselamatan kerja, teknik pengelasan, dan kreatifitas dalam menciptakan produk yang diharapkan dapat menarik minat pasar, dengan tujuan agar mampu membuat hasil karya yang mempunyai daya jual.
Dengan waktu pelatihan yang sangat terbatas, ternyata mereka mampu membuktikan semangat kerja keras dalam mempelajari hal baru, dengan membuat hasil karya yang terbilang rapi. Mendapatkan pengarahan langsung dari LPK, mereka berhasil membuat tempat pembuangan sampah sementara ,dengan memanfaatkan ember cat bekas dan bahan baku seadanya yang disediakan oleh pembimbing.
Memberikan tanda pada tempat sampah yang mereka buat, dengan memisahkan antara sampah organik dan unorganik, sangat membantu guna memberikan pemahaman kepada masyarakat desa, agar dapat memilah dan memberikan pelajaran, bahwa dari sampah yang kita buat itu sebenarnya ada jenis-jenis sampah yang masih bisa di daur ulang.
Hasil karya tersebut, tentunya dapat menjadi inspirasi untuk membuka peluang usaha bagi pemuda dan masyarakat desa, dalam bidang konstruksi kecil-kecilan yang membutuhkan keterampilan las. Kepala Desa mengapresiasi dengan bangga hasil karya yang mereka ciptakan dalam pelatihan, dengan harapan kedepan agar pemuda benar-benar mampu memiliki usaha mandiri, dengan melihat peluang wirausaha di desa, untuk menciptakan lapangan kerja serta mewujudkan desa yang maju dan berdaya saing.

Tulis Komentar