Artikel Terbaru
Home » Berita » Festival Wong Gunung 2017
Festival Wong Gunung 2017
Festival Wong Gunung 2017

Festival Wong Gunung 2017

Clekatakan.desa.id – Festival  Wong Gunung, Festival tahunan yang di adakan di Kecamatan Pulosari, sebagai bentuk rasa syukur menjadi masyarakat di sekitaran lereng Gunung Slamet.

Tahun 2017 adalah tahun kedua bagi Kecamatan Pulosari mengadakan festival ini, setelah pada tahun 2016 festival wong gunung pertama kali di adakan, dan termasuk sukses mengenalkan potensi daerah. Ke aneka ragaman desa-desa di Kecamatan Pulosari dengan kreatifitas masing-masing, sangat terlihat pada tahun 2016. Dari Potensi hasil bumi dan kreatifitas, serta masih kentalnya budaya daerah yang menjadi tema di festival tersebut.

Festival Wong Gunung (FWG) pada tahun 2017, akan lebih mengenalkan kembali potensi kecamatan Pulosari kedunia luar, dengan mengusung budaya daerah, tentunya akan menjadi sesuatu yang sangat menarik bagi pengunjung.

Diadakan mulai hari selasa, 21 Nopember 2017 dengan dimulai dari Ruwat Ageng Banyu Panguripan yang di ambil dari 7 mata air di lereng Gunung Slamet, dimulai dari pukul 13.00 sampai dengan pukul 23.00 di Desa Jurangmangu. Dan dilanjutkan kirab ageng banyu panguripan pada hari rabu, 22 Nopember 2017, dari Desa Jurangmangu ke Lapangan Desa Pulosari, untuk di serahkan ke masing-masing Kepala Desa se-Kecamatan Pulosari.

Kirab Ageng Banyu Panguripan, dari 7 sumber mata air, akan dibawa oleh 12 Putri, yang dipilih dari masing-masing desa, yang selanjutnya akan diserahkan ke masing masing kepala desa yang berjumlah 12 dari masing-masing desa di Kecamatan Pulosari.

Acara dilanjutkan dengan Gelar Seni Budaya pada hari rabu, 22 nopember 2017, dari Pukul 13.00 sampai dengan selesainya acara. Gelar seni budaya tersebut, menggambarkan ke aneka ragaman dan penghormatan dari kecamatan pulosari akan Budaya wong gunung, yang tidak boleh ditinggalkan dan wajib dilestarikan. (diambil dari berbagai sumber dan panitia fwg)

Tulis Komentar