Artikel Terbaru
Home » Berita » HARGA CABAI MERAH BESAR DI TINGKAT PETANI
HARGA CABAI MERAH BESAR DI TINGKAT PETANI

HARGA CABAI MERAH BESAR DI TINGKAT PETANI

CLEKATAKAN.DESA.ID – Banyaknya petani yang mengalami gagal panen di ahir tahun 2016 di berbagai daerah termasuk petani Desa Clekatakan, sangat berpengaruh dengan harga sayur-mayur yang ada di pasaran hingga awal tahun 2017.

Salah satu komoditas pertanian yang menjadi sorotan berbagai media dengan harga yang sangat tinggi adalah harga cabai merah. Cabai merah yang mengalami peningkatan harga yang cukup signifikan adalah cabai rawit setan dan bukan Cabai Merah Besar yang biasanya dibudidayakan oleh petani di Desa Clekatakan.

Berita di berbagai media yang mengabarkan bahwa harga cabai di pasaran yang mencapai Rp 100-200rb/kg-nya, membuat petani di Desa Clekatakan cukup kebingungan dengan perbedaan harga di tingkat lokal petani, dikarenakan dari awal Januari 2017 sampai masuk minggu ke-dua bulan Januari petani yang saat ini panen hanya mendapatkan harga Rp 17-20rb/kg-nya untuk Cabai Merah Besar.

Banyak pedagang dan petani cabai di Desa Clekatakan yang menyampaikan keluhannya kepada Kepala Desa Clekatakan terkait perbedaan harga yang sangat signifikan,harapan mereka agar harga di tingkat lokal petani juga ada kenaikan, namun setelah menggali info dari berbagai pasar daerah di Jawa Tengah, ternyata cabai merah yang mengalami peningkatan harga adalah Cabai Rawit Setan, walaupun Cabai Merah besar di pasar lokal juga mengalami kenaikan harga eceran mencapai 40-70rb/kgnya.

Dengan harga Cabai Merah Besar yang cukup rendah di petani lokal Desa Clekatakan dibandingkan dengan harga eceran di pasar berbagai daerah, membuat petani di Desa Clekatakan sering mengeluhkan perbedaan harga tersebut. Namun demikian, perbedaan harga tersebut merupakan harga yang ditentukan oleh pasar dan bukan setingan dari pedagang lokal, karena pedagang lokalpun juga sering kebingungan dengan perbedaan harga itu.

Harapan besar dari pemerintahan desa Clekatakan, agar pemerintah daerah merespon melalui dinas perindustrian dan perdagangan supaya mampu menstabilkan harga di tingkat lokal petani dan bisa sejajar dengan harga eceran di pasar-pasar daerah, yang tentunya akan memberikan keuntungan lebih bagi para petani desa Clekatakan.

Tulis Komentar