Artikel Terbaru
Home » KULINER

KULINER

SEGA JAGUNG (NASI JAGUNG)

SEGA JAGUNG (Nasi Jagung) adalah makanan pokok yang terbuat dari Jagung sebagai bahan mentahnya. Hasil produksi pangan dari budidaya pertanian yang melimpah membuat masyarakat desa Clekatakan merasakan kemudahan mendapatkan bahan-bahan pokok sebagai makanan sehari-hari.

Pengolahan nasi jagung yang cukup sedikit rumit membuat tidak semua orang bisa memasak jagung untuk di jadikan sebagai nasi. Tapi, hampir semua masyarakat Desa Clekatakan khususnya ibu-ibu rumah tangga di Desa Clekatakan bisa mengolahnya, dikarenakan kebiasaan atau adat yang turun menurun dan dulunya seluruh masyarakat Desa Clekatakan mengandalkan nasi jagung sebagai makanan pokok.

Seiring dengan perkembangan zaman dan majunya pertanian, nasi jagung sedikit tergeser karena lahan pertanian yang di alihkan ke sayur-sayuran. Tapi masih bisa dengan mudah ditemui masyarakat yang mengolah jagung di sekitar Desa Clekatakan.

 

JANGAN GODONG WALUH (SAYUR DAUN LABU)

Salah satu sayuran unggulan di Desa Clekatakan adalah labu, mudahnya penanaman dan perawatan tanaman labu, membuat buah labu melimpah. Selain buahnya yang biasa dijadikan sayur asam, daun labu pun menjadi sayuran khas masyarakat desa Clekatakan yang disandingkan dengan Nasi Jagung.

Sayur daun labu ini biasa disajikan saat makan siang, waktu petani beristirahat dari berkebun. Kesegeran dari daun labu dan zat hijau daunnya pun sangat bermanfaat sebagai pemulih energi saat istirahat siang setelah berkebun dari pagi hari.

 

SAMBEL TRE’NJE’NGAN (Sambal Cabai Hijau)

Sambal menjadi menu utama mayoritas warga masyarakat Desa Clekatakan, salah satu yang menjadi favorit adalah sambal cabai hijau, komoditas unggulan pertanian masyarakat Desa Clekatakan yang sering kali harganya melambung saat musim kemarau maupun penghujan yang biasanya di akibatkan dari banyaknya petani yang mengalami kegagalan panen, sehingga jumlah stok cabai di pasaran sangat langka mengakibatkan naiknya harga secara signifikan.

Sambal cabai hijau dihidangkan dari sarapan,makan siang,maupun makan malam.

 

 

Tulis Komentar