Artikel Terbaru
Home » Berita » MASALAH PERTANIAN, SIAPA YANG AKAN MENGAMBIL PELUANG?
MASALAH PERTANIAN, SIAPA YANG AKAN MENGAMBIL PELUANG?

MASALAH PERTANIAN, SIAPA YANG AKAN MENGAMBIL PELUANG?

CLEKATAKAN.DESA.ID – Sektor pertanian merupakan kunci dari tegaknya kedaulatan pangan dunia khususnya di Indonesia. Suka atau tidak suka kebutuhan akan pengan semakin hari kian meningkat sedangkan pemasok kebutuhannya semakin langka. Bagaimana mungkin?

Perhatikan ilustrasi berikut:

grafik pertumbuhan penduduk

Sumber: Wikipedia

Semakin hari penduduk dunia semakin bertambah (ini adalah hal yang tidak mungkin dihindari). Dengan semakin bertambahnya jumlah penduduk, praktis kebutuhan akan tempat tinggal juga semakin tinggi pula, ini mengakibatkan lahan lahan garapan akan semakin berkurang dikarenakan lahan yang tadinya ditanami sektor pertanian dialih fungsikan sebagai hunian. Ditambah lagi lahan yang semakin sedikit tersebut semakin susah menghasilkan tanaman yang berkualitas dikarenakan kualitas dari tanah itu sendiri semakin menurun karena penggunaan berbagai macam obat pertanian terutama herbisida dan pestisida yang semakin tidak terkendali.

Diakui atau tidak, generasi muda sekarang semakin banyak yang meninggalkan sektor pertanian. Ada tiga sebab. Pertama faktor gengsi, yang menganggap bahwa seorang petani itu kelas bawahan dan tidak nge trend. Kedua mereka menganggap bahwa sektor pertanian itu banyak permasalahan dan tidak begitu menghasilkan. Dan yang ketiga ini lebih dari segi orang tua, dimana rata rata orang tua berusaha agar anak mereka tidak menjadi petani karena mereka sudah merasakan sendiri betapa menjadi petani itu tidak menguntungkan dan banyak masalah. Para orang tua pada umumnya ingin agar anaknya bisa lepas dari pertanian, agar meningkat statusnya menjadi priyayi. Maka lengkap sudah “pemusnahan” generasi petani di negeri ini, baik dari sisi generasi muda maupun dari sisi orang tua dan juga dari pihak ketiga (lingkungan, kapitalis dll).

Melihat betapa kompleksnya masalah yang ada seperti disebutkan di atas akan menimbulkan keputus asaan dan pasrah bagi orang orang yang lemah. Namun bagi pribadi pribadi yang kuat dan cerdas justru akan memunculkan banyak ide dan peluang. Permintaan semakin banyak sedangkan pasokan semakin berkurang, lalu siapa yang akan mengambil peluang pemenuhan kebutuhan tersebut?

Generasi muda desa Clekatakan melalui karang taruna GAPURA dan kelompok tani KARYA BAKTI IV mencoba membuktikan kepada masyarakat bahwa jika dikelola dengan benar, sektor pertanian adalah salah satu sektor yang sangat menjanjikan. Diharapkan kepada petani yang tergabung akan semakin banyak belajar bagaimana cara bertani dan juga manajemen pertanian yang lebih baik sehingga akan meberikan hasil yang lebih baik pula.

Karena PETANI itu bukan Pekerja/Buruh Tani, melainkan PETANI adalah Pengusaha Tani!

Tulis Komentar