Artikel Terbaru
Home » Berita » ORANG DESA ITU KAYA!
ORANG DESA ITU KAYA!

ORANG DESA ITU KAYA!

Arus urbanisasi semakin hari semakin meningkat. Di Indonesia, pada tahun 2030 diperkirakan 2/3 penduduknya akan berada diperkotaan. Hal ini disebabkan karena beberapa hal diantaranya pertumbuhan penduduk yang cukup tinggi skitar 1% per tahun dan yang kedua adalah karena lebih dari 55% pendukuk Indonesia lebih memilih tinggal di daerah yang luasnya hanya sekitar 6% dari keseluruhan luas wilayah Indonesia.

Dengan semakin menumpuknya kepadatan penduduk di perkotaan membuat persaingan semakin ketat. Bahkan untuk mempertahankan hidup yang layak pun akan semakin berat karena begitu ketatnya persaingan. Jika kita cerdas, ini merupakan sebuah peluang bagi masyarakat desa untuk mensuplay kebutuhan pokok mereka.
Perkembangan dan perputaran ekonomi diperkotaan memang menjadi magnet bagi orang2 desa untuk ikut berperan serta dalam mengais rejeki. Tidak dipungkiri, banyak juga orang2 yang berhasil mengumpulkan banyak uang (kertas bergambar) dari hasil pekerjaanya diperkotaan. Lalu kenapa orang2 yang di desa kadang dipandang lebih miskin daripada orang kota? Salah satunya mungkin karena orang desa tidak mempunyai tumpukan uang (kertas bergambar) seperti orang2 kota yang banyak menyimpan tabungan, saham, dan angka2 digital yang mereka sebut sebagai harta. Tetapi jangan lupa bahwa orang desa itu mempunyai aset riil yang tidak terpengaruh oleh harga saham, tidak terpengaruh oleh turun naiknya kurs, dan juga tidak terpengaruh terhadap inflasi yang menggerogoti nilai tukar.
Aset yang dimiliki orang desa seperti rumah, tanah garapan, hewan ternak dll tidak akan tergerus oleh laju inflasi, justru jika dibandingkan dengan nilai uang kertas yang terus menurun nilainya, aset mereka justru semakin bertambah nilainya. Itu baru dilihat dari sisi harta simpanan, belum lagi jika kita bandingkan bahwa orang desa itu bisa menikmati udara yang sehat dan bersih setiap hari dimanapun itu, bayangkan berapa banyak biaya yang harus dikeluarkan orang kota untuk mendapatkan itu. Belum lagi masalah kemacetan, sosialitas, kenyamanan dan masih banyak yang lainnya. Itulah harta dan kekayaan orang desa yang tidak dimiliki oleh orang kota.
Kami masyarakat desa Clekatakan, bangga menjadi “orang desa“, dan kami akan membangun desa kami dengan kemampuan yang kami miliki. Kami juga berharap kepada pihak pemerintah dalam melaksanakan pembangunan di pedesaan alangkah lebih baik jika fokus yang dibangun adalah dalam hal infrastruktur dan fasilitas pelayanan publik serta pembangunan kualitas sumber daya manusia. Jangan jadikan desa kami menjadi kota, tetapi jadikan desa kami menjadi desa yang asri dengan infrastruktur yang memadai dan sdm yang mumpuni. Insya Alloh!!

Tulis Komentar