Artikel Terbaru
Home » Berita » Pembentukan Tim Pelaksana Teknis Pengelolaan Keuangan Desa (PTPKD)
Pembentukan Tim Pelaksana Teknis Pengelolaan Keuangan Desa (PTPKD)
PTPKD Desa Clekatakan

Pembentukan Tim Pelaksana Teknis Pengelolaan Keuangan Desa (PTPKD)

Clekatakan.desa.id – Peningkatan dan Pemerataan pembangunan yang diusung oleh pemerintah pusat melalui digelontorkannya Dana Desa (DD), membuat anggaran yang masuk ke masing-masing desa ternilang fantastis.

Desa Clekatakan merupakan salah satu Desa yang mendapatkan anggaran cukup besar, jika anggaran yang masuk ke desa yang bersumber dari Alokasi Dana Desa (ADD), Dana Desa(DD) dan bantuan keuangan lain-lain dari Pemerintah Kabupaten dijumlahkan, total dana yang masuk ke desa Clekatakan mencapai nominal di atas Rp 2Miliar lebih.

Dengan anggaran yang begitu  besarnya, tentunya pengawasan penggunaan dana ini perlu di tingkatkan , agar dana yang masuk  benar-benar bermanfaat untuk kemajuan desa dan masyarakatnya, tidak menguntungkan salah satu pihak.

Dikomando oleh Kepala Desa Clekatakan berkoordinasi dengan Sekretaris Desa Clekatakan dan jajaran pemerintahan Desa, serta di dukung penuh oleh Badan Permusyawaratan Desa(BPD).  Pada hari Jum’at Tanggal 13 Januari Tahun 2017 bertempat di Balai Desa Clekatakan sesuai dengan ketentuan tentang Pelaksana Teknis Pengelolaan Keuangan Desa yang berbunyi :

  1. Kepala Desa menetapkan PTPKD dari perangkat desa dengan keputusan Kepala Desa.
  2. Penetapan PTPKD dilakukan pada awal tahun anggaran.

didbentuklah Tim PTPKD (Pelaksana Tekhnis Pengelolaan Keuangan Desa) yang bertujuan untuk melakukan pengelolaan dan managemen keuangan desa  agar aliran dana yang masuk dan keluar di Desa benar-benar dalam pengawasan penuh.

Perlu kita sadari bersama mengingat dana yang masuk ke Desa terbilang besar,pengawasan bukan hanya dilaksanakan oleh tim yang dibentuk, seluruh masyarakat Desa Clekatakan wajib ikut serta dalam pengelolaan dan pengawasan dana tersebut.

Pemerintahan Desa Clekatakan melalui media informasi desa selain website resmi Desa Clekatakan, ke depan untuk transparansi penggunaan anggaran akan di sosialisasikan melalui ruang publik yang akan di sediakan di masing-masing dusun.

Tulis Komentar