Artikel Terbaru
Home » Berita » Replika Tugu Monas, Salah Satu Ikon Desa di Dusun Gunungsari
Replika Tugu Monas, Salah Satu Ikon Desa di Dusun Gunungsari

Replika Tugu Monas, Salah Satu Ikon Desa di Dusun Gunungsari

CLEKATAKAN.DESA.ID – Dusun Gunungsari adalah salah satu dusun di desa Clekatakan yang merupakan pintu masuk ke desa Clekatakan, berbatasan dengan Desa Siremeng dan Desa Gombong, Dusun gunungsari menjadi wajah Clekatakan saat masyarakat dari daerah lain berkunjung ke Desa Clekatakan.
Setelah masuk ke Desa Clekatakan kurang lebih 1,5KM tepat di perempatan Dusun Gunungsari, berdiri replika Tugu Monas menyerupai monumen nasional yang ada di Ibu kota Jakarta. Dibangun dan didirikan secara swadaya oleh warga masyarakat pada tahun 1996, replika tugu monas menjadi ikon di Dusun Gunungsari, dan sekaligus menjadi ikon Desa Clekatakan.
Dari pertama dibangun sampai sekarang, replika tugu monas setinggi 5meter ini baru mengalami renovasi 1x dan beberapa kali pengecatan ulang dan sampai sekarang  bangunan masih kokoh berdiri.
Menjadi ikon Desa Clekatakan karena hanya ada satu-satunya replika tugu monas yang berada di Kabupaten Pemalang, perawatan tentunya diperlukan. Pemerintahan Desa Clekatakan pun menyadari, bahwa ikon ini perlu di jaga dan tentunya butuh sentuhan ulang, agar bisa menarik bagi masyarakat Desa Clekatakan dan Masyarakat daerah lain yang berkunjung ke Desa Clekatakan.
Dengan berdirinya replika ini dan sangat menyerupai Tugu Monumen Nasional yang ada di Ibukota Jakarta, masyarakat Desa Clekatakan pun mengenal perempatan yang ada di Dusun Gunungsari dengan sebutan Perempatan Monas.

Tulis Komentar