Artikel Terbaru
Home » UMKM

UMKM

CLEKATAKAN.DESA.ID Clekatakan yang mayoritas warganya adalah petani, dan didukung dengan kesuburan tanahnya serta hasil bumi berupa segala macam sayur mayur, menginspirasi salah satu warga di Dusun Jawar Desa Clekatakan Ali Mustofa untuk berinovasi membuat olahan kripik dari salah satu hasil bumi di kebunnya sendiri.

KASPIA, adalah kripik yang diolah dari sari Kentang dan Ubi yang bercita rasa alami. Berawal dari harga kentang yang turun drastis di tahun 2014, membuat Ali memikirkan bagaimana cara mengolah kentang agar bisa mendapatkan nilai ekonomi yang tinggi.

Sebagai anak muda yang cerdas dan sadar informasi, dibekali dengan sedikit ilmu pengolahan kentang dan tambahan informasi dengan mencari bahan artikel di internet, dia berhasil mewujudkan keinginan untuk membuat nilai ekonomi bertambah dari kentang menjadi kripik dengan rasa yang beraneka macam.

Produknya KASPIA kripik sari kentang sudah beredar di warung-warung di Clekatakan dan sekitarnya, serta beberapa permintaan dari Desa tetangga di sekitar Clekatakan.

Rasa yang ditawarkan beraneka macam, ada rasa sambal balado, sapi panggang dan rasa alami tanpa tambahan rasa lain, harga yang terjangkau membuat produknya laris di warung-warung sekitar Clekatakan. Rasa yang khas membuat penikmat kripik KASPIA merasa ingin terus menikmati, yang kadang menjadi kendala karena banyaknya permintaan dari warung-warung dan stok kentang yang masih tergantung musim di daerah Clekatakan.

Berjalan kurang lebih 2 tahun, usahanya kini sudah bisa menyerap tenaga kerja 2 orang dari daerahnya sendiri. “sing dadi hambatan kadang nggolet kentange angel mas,soale kadang juga petani gagal panen si,tur siki rata-rata sing nandur kentang wis melu kontrak Indofood dadi nggolet neng pasar regane cokan duwur banget”.”(yang jadi hambatan kadang susah mencari kentang mas, sering petani gagal panen, dan kebanyakan petani sekarang ikut ke petani kontrak Indofood,kadang mencari kentang di pasar harganya terlalu tinggi)”, ucap si pemilik usaha kripik sari kentang itu.

Dalam penjualannya dia juga menawarkan untuk Grosir dan Eceran, jika konsumen pesan dalam jumlah banyak bisa mendapatkan potongan harga yang tentunya menambah keuntungan bagi pedagang yang mengecerkan di kiosnya.

“Nek njenengan arep pesen bisa sms nomer hp bae mas, apa inbox neng Pesbuk ya kena kie nomerku 085780000670”. “( Kalau mau pesan bisa telpon atau sms ke nomor hp ku mas)”Ucap Ali dengan nada sedikit nyleneh.

 

 

Tulis Komentar